logo Kompas.id
Politik & HukumDi Majalengka, Prabowo...
Iklan

Di Majalengka, Prabowo Kampanye Didampingi Maruarar Sirait

Saat kampanye di Majalengka, Jawa Barat, Prabowo yakin tidak akan mendapatkan nilai rendah seperti saat debat lalu.

Oleh
ABDULLAH FIKRI ASHRI
· 3 menit baca
Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyapa pendukungnya saat berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyapa pendukungnya saat berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).

MAJALENGKA, KOMPAS — Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, secara mendadak berkampanye di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024). Dalam pidatonya, Prabowo yakin tidak akan mendapatkan nilai rendah seperti yang diberikan para pesaingnya saat debat capres lalu.

Prabowo hadir di Lapangan Jatipamor, Majalengka, pukul 09.24 WIB bersama mantan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Maruarar Sirait. Dengan mengenakan topi koboi dan baju biru muda lengan panjang, Prabowo menyapa ribuan pendukungnya. Padahal, Majalengka tidak termasuk dalam jadwal kampanyenya.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Saya masih ada acara (kampanye) di Bogor, tapi saya dahulukan di sini,” ucap Prabowo. Dalam pidatonya, Ketua Umum Partai Gerindra ini kembali menyinggung nilai rendah (kinerja di Kementerian Pertahanan) yang diberikan pesaingnya dalam debat beberapa waktu lalu. Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, sempat memberinya nilai 11 dari 100.

Baca juga: Kampanye di Lampung, Prabowo Sindir Lagi soal Nilai Saat Debat Capres

”Tapi, kalau saya ketemu (capres) nomor (urut) 1 dan nomor (urut) 3, (saya) selalu dikasih nilai rendah. Kumaha atuh (bagaimana itu)? Aku mah sedih. Kalau dapat (nilai dari) guru seperi itu, kejam enggak? Dapat nilai 1. (Angka) 11 dari 100, kan, 1,1,” ungkap Prabowo disambut sorakan pendukungnya.

Menteri Pertahanan ini tak habis pikir dengan nilai rendah yang ditujukan oleh pesaing kepadanya. Namun, ia tidak ingin menanggapi lebih jauh soal nilai itu. ”Kalau orang Jakarta, orang Betawi, ngomongnyagini, sorry ye. Emang gue pikirin. emangnya losiape? Tapi, saya enggak teruskan. Nanti dibilang, saya enggak sopan, saya kasar,” ujarnya.

Meskipun mendapat nilai rendah dari pesaingnya, Prabowo mengklaim masyarakat, termasuk di Majalengka, terus mendukung keputusannya maju sebagai capres yang ketiga kalinya. ”Saya yakin rakyat Majalengka tidak akan memberi saya nilai rendah. Saya lihat dari pancaran mata saudara begitu sayang dengan saya,” ungkapnya.

Iklan
Warga berfoto di depan baliho calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Warga berfoto di depan baliho calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).

Prabowo mengatakan, sejak usia 18 tahun, ia telah merelakan seluruh jiwa raganya untuk bangsa Indonesia. Ia pun berjanji akan bekerja sekeras-kerasnya demi kemakmuran rakyat. Apalagi, saat ini masyarakat masih menghadapi masalah kemiskinan, gizi rendah, hingga sulitnya lapangan pekerjaan. Itu sebabnya, ia kembali mencalonkan diri sebagai capres.

Bahkan, Prabowo saat ini berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Presiden Joko Widodo. Padahal, dalam dua pemilihan presiden sebelumnya, Jokowi merupakan rivalnya. Menurut dia, kekuatan Prabowo, Jokowi, serta partai pengusung lainnya merupakan kekuatan rakyat untuk mewujudkan Indonesia hebat dan kaya.

”Saya akan lanjutkan apa yang dilakukan Pak Jokowi, dan akan kami sempurnakan, tambahkan, perbaiki. Yang paling penting, kekayaan bangsa Indonesia harus untuk seluruh rakyat, bukan cuma segelintir orang. Tapi, seluruh rakyat harus menikmati kekayaan tersebut. Itulah tugas kami,” ungkapnya.

Yang paling penting, kekayaan bangsa Indonesia harus untuk seluruh rakyat, bukan cuma segelintir orang. Tapi, seluruh rakyat harus menikmati kekayaan tersebut. (Prabowo Subianto)

Langkah pertama yang akan ia lakukan jika menerima mandat sebagai presiden adalah memberikan makanan bergizi untuk anak-anak Indonesia. Menurut dia, masyarakat sangat membutuhkan makanan bergizi untuk masa depan bangsa. Dalam rangkaian kampanyenya, warga juga menggelar acara makan nasi liwet bersama. Namun, Prabowo tidak ikut.

Ia mengapresiasi sambutan warga Majalengka. ”Terima kasih. Kalau ketemu saudara-saudara, saya enggak capek-capek. Hari ini (kalian) beri tenaga baru untuk saya. Kau beri semangat untuk saya. Kau berikan keberanian. Kau bikin saya tambah sehat, tambah muda. Kau bikin saya ingin joget terus,” ujar Prabowo yang membuka kemeja birunya.

Warga antusias menyambut kehadiran calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Warga antusias menyambut kehadiran calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).

Maruarar Sirait menilai, Prabowo merupakan pemimpin yang mengutamakan kerukunan bangsa. Salah satu buktinya adalah kesediaan Prabowo bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Itu sebabnya, ia mendukung capres nomor urut 2 itu. Mantan anggota DPR Daerah Pemilihan IX Jabar (Subang, Majalengka, Sumedang) itu pun akan berupaya mendulang suara untuk Prabowo.

”Kalau mau satu putaran (butuh) 51 persen (suara). Saya sampaikan ke Pak Prabowo, dengan rendah hati dan kerja keras, saya bersama masyarakat, bersama pendukung kami di Subang, Majalengka, Sumedang selama 15 tahun dan relawan-relawan yang banyak sekali, kami yakin, target minimal 51 persen,” ungkap Ara, sapaannya.

Baca juga: Setelah Maruarar Mundur, PDI-P Kembali Konsolidasikan Kekuatan Kader

Editor:
IRMA TAMBUNAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000