logo Kompas.id
KolomDigitalisasi Bisa Meningkatkan...
Iklan

Digitalisasi Bisa Meningkatkan Produktivitas UMKM

Seiring dengan pengguna e-dagang yang meningkat, UMKM dapat memanfaatkan e-dagang untuk melakukan pemasaran dan penjualan. E-dagang dapat membantu pemasaran dan promosi digital yang ditargetkan melalui algoritma tertentu

Oleh
APUNG SUMENGKAR
· 4 menit baca
Produk UMKM binaan Bank Syariah Indonesia dipamerkan dalam Peluncuran Program Talenta Wirausaha BSI di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (19/1/2022).
KOMPAS/Stefanus Osa

Produk UMKM binaan Bank Syariah Indonesia dipamerkan dalam Peluncuran Program Talenta Wirausaha BSI di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Ketika berbicara tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM, banyak sekali isu yang menarik perhatian. Terlebih sejak pandemi COVID-19 masuk di Indonesia, UMKM yang paling merasakan dampak negatifnya sehingga mendapatkan perhatian khusus dari berbagai lembaga.

Dalam dua tahun terakhir ini saya mengamati situasi UMKM untuk memahami bagaimana meningkatkan produktivitas mereka dalam hubungannya dengan pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Saya dan tim berbicara kepada lebih dari 500 UMKM di daerah Jakarta dan Surabaya. Kami berhasil mengidentifikasi beberapa hambatan utama dan sesuatu yang membuat mereka pusing sepanjang perjalanan bisnis UMKM. Akibatnya, kinerja bisnis mereka kurang optimal.

Editor:
HARYO DAMARDONO, ANDREAS MARYOTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000