logo Kompas.id
TajaDireksi Telkomsel bersama CEO ...

Direksi Telkomsel bersama CEO Microsoft, Bahas Potensi AI untuk Transformasi Digital

Jajaran Direksi Telkomsel bertemu langsung dalam agenda one-on-one meeting khusus dengan Chairman & CEO Microsoft Satya Nadella di Jakarta, Selasa (30/4). Membahas luasnya potensi AI dan transformasi digital.

Telkomsel
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan Telkomsel.
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/w7OLmYBiBM7C4pXIZsTZyHppqEc=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F05%2FTelkomsel-dan-Microsoft-1.jpg
DOK TELKOMSEL

Dalam acara Microsoft BUILD: AI Day di Jakarta (30/4), Chairman & CEO Microsoft, Satya Nadella, menggarisbawahi luasnya potensi AI bagi masyarakat, dan dampaknya untuk transformasi digital.

Jajaran Direksi Telkomsel bertemu langsung dalam agenda one-on-one meeting khusus dengan Chairman & CEO Microsoft Satya Nadella di Jakarta, Selasa (30/4/2024). Dalam pertemuan tersebut, Telkomsel dan Microsoft membahas tentang luasnya potensi artificial intelligence (AI) dan dampaknya untuk transformasi digital, komitmen Telkomsel untuk mengimplementasikan layanan berteknologi terkini bagi para pelanggannya, hingga komitmen Microsoft dalam mendukung pemberdayaan masyarakat Indonesia untuk meraih masa depan yang lebih cerah.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan, "Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang telah lama menjalin kerja sama jangka panjang dengan Microsoft, Telkomsel senang dapat bertemu kembali secara langsung dengan CEO Microsoft untuk berdiskusi dan bertukar pikiran. Sesi one-on-one ini tentu membuka lebih banyak peluang dan wawasan, yang kami harapkan nantinya dapat diintegrasikan ke dalam konektivitas, solusi, dan layanan Telkomsel yang senantiasa ditujukan untuk memberdayakan masyarakat melalui teknologi."

https://cdn-assetd.kompas.id/lFi5z_7UwiyWpNsFhHGxy-Tul0Y=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F05%2FTelkomsel-dan-Microsoft-2.png
DOK TELKOMSEL

Telkomsel telah memanfaatkan Microsoft Azure Open AI untuk menghadirkan pengalaman layanan pelanggan yang lebih responsif, empatik, dan efisien melalui implementasi Asisten Virtual Veronika sejak 2023.

Dalam keynote speech-nya di hadapan para developer, data scientist, dan pegiat teknologi di acara Microsoft Build: AI Day di Jakarta pada hari yang sama, Satya Nadella memaparkan sejumlah solusi berbasis Generative AI dari Microsoft yang telah diimplementasikan oleh beberapa organisasi di Indonesia, seperti Telkomsel, Universitas Terbuka, BRI, KAI, sampai dengan eFishery.

Pada 2023 lalu, Telkomsel sendiri telah melakukan perjalanan inovasi bersama Microsoft dalam memanfaatkan Microsoft Azure Open AI untuk menghadirkan transformasi pengalaman layanan pelanggan yang lebih responsif, empatik, dan efisien melalui implementasi Asisten Virtual Veronika. Selain membantu memperkuat interaksi dan menghadirkan pengetahuan produk secara lebih cepat bagi pelanggan, Veronika dengan teknologi Gen AI dari Microsoft ini juga mendukung efektivitas kerja agen layanan pelanggan Telkomsel serta mengurangi beban otomatisasi konvensional perusahaan.

“Generasi baru AI ini dapat mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia, sehingga membantu Indonesia untuk terus melaju di era baru ini," kata Satya Nadella.

https://cdn-assetd.kompas.id/AvWIPwcCZdTURzz8iNFcRL-udvQ=/1024x576/https%3A%2F%2Ftaja.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2024%2F05%2FTelkomsel-dan-Microsoft-3.jpg
DOK TELKOMSEL

VP IT Customer Touchpoint & Digital Solutions Telkomsel, Rudy Jayadi juga berbagi pengalaman tentang Asisten Virtual Veronika berbasis Gen AI dari Microsoft kepada developer, data scientist, dan pegiat teknologi dalam acara tersebut.

Ke depan, Telkomsel dan Microsoft akan terus menjalin kerja sama dalam menghadirkan ragam solusi yang dapat meningkatkan pengalaman gaya hidup digital pelanggan guna mendukung kemajuan digital Indonesia dan pemberdayaan masyarakat melalui teknologi.

Informasi lebih lengkap tentang Asisten Virtual Veronika bisa diakses melalui telkomsel.com/support/asisten- virtual-telkomsel

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000